Dikira Beda, Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris berikut memiliki arti yang sama

Dikira Beda, Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris berikut memiliki arti yang sama

-Hallo friends, Accounting Methods, in the article you read this time with the title Dikira Beda, Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris berikut memiliki arti yang sama, we have prepared this article well for you to read and retrieve the information therein.

Hopefully the content of article posts akuntansi, which we write this you can understand. Alright, happy reading.

Title : Dikira Beda, Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris berikut memiliki arti yang sama
link : Dikira Beda, Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris berikut memiliki arti yang sama


READ AlSO


Dikira Beda, Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris berikut memiliki arti yang sama

Istilah Akuntansi dalam Bahasa Inggris yang ternyata memiliki arti yang samaSalah satu yang mungkin paling membosankan pada saat belajar akuntasi adalah banyaknya istilah-istilah akuntansi yang harus diketahui maupun dihafal.


Apalagi di era sekarang, dimana banyak perusahaan menggunakan pencatatan akuntansi (baik istilah maupun penamaan akun) dalam Bahasa Inggris, yang mungkin membuat kamu yang baru belajar akuntansi berpikir untuk mengibarkan bendera putih alias menyerah.

Selain itu, seiring dengan semakin berkembangnya akuntansi banyak istilah akuntansi dalam Bahasa Inggris yang ternyata telah diganti dengan istilah baru

Berikut ini adalah beberapa istilah akuntansi dalam bahasa inggris yang ternyata memiliki arti yang sama. 

Statement of comprehensive income

Istilah statement of comprehensive income adalah istilah baru yang digunakan untuk menggantikan istilah profit & loss dan income statement. Baik statement of comprehensive income, profit & loss, dan income statement, ketiganya memiliki arti yang sama yaitu Laporan Laba Rugi, yaitu laporan yang menggambarkan kinerja perusahaan dalam mencetak keuntungan. Dalam bahasa Indonesia, Statement of Comprehensive Income bisa digantikan dengan Laporan Pendapatan Komprehensif. 

Statement of Financial Position

Istilah statement of financial statement digunakan untuk menggantikan istilah balance sheet atau Neraca atau Laporan Neraca. Neraca atau Laporan Neraca yaitu laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan suatu bisnis meliputi aset, liabilitas dan ekuitas.

Non-current assets

Istilah non-current memiliki arti yang sama dengan fixed assets atau aset tetap. Non-current assets atau aset tetap adalah suatu harta atau aset yang dimiliki oleh perusahaan yang digunakan untuk operasional perusahaan dan tidak dimaksudkan untuk dijual sehingga tidak bersifat likuid. Contoh dari non-current assets misalnya tanah, bangunan, kendaraan, komputer dll. 

Non-current liabilities

Istilah non-current liabilities sama artinya dan digunakan untuk menggantikan istilah long-term liabilities (kewajiban jangka panjang). Istilah ini digunakan untuk kewajiban-kewajiban perusahaan yang belum jatuh tempo, biasanya lebih dari 1 tahun. Contoh non-current liabilities misalnya, utang jangka panjang ke bank, porsi utang jangka panjang utang leasing, dll. 

Inventory/Inventories

Istilah inventory sama artinya dengan stock atau persediaan dalam Bahasa Indonesia. Persediaan yaitu barang-barang yang dimiliki oleh perusahaan yang dimaksudkan untuk dijual. Inventory/Inventories bisa berwujud barang mentah (raw material), barang dalam proses (work in proses), maupun barang jadi (finished goods). 

Trade Receivables

Trade receivables dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai piutang dagang, yaitu sebuah aset lancer perusahaan yang ada di pihak atau perusahaan lain sebagai akibat dari penjualan barang atau jasa. Istilah ini digunakan untuk menggantikan istilah yang sudah lama dipakai yaitu Debtors atau account receivable. 

Trade Payables

Istilah trade payables (piutang dagang) digunakan untuk menggantikan istilah Creditors atau account payables. Trade payables yaitu kewajiban lancar perusahaan kepada pihak lain (vendor) sebagai akibat pembelian barang/jasa dari pihak lain tersebut. 

Turnover

Istilah turnover mungkin masih terdengar asing. Istilah ini sama artinya dengan Sales revenue atau pendapatan penjualan. 

Equity

Istilah equity (ekuitas) digunakan untuk menggantikan istilah Shareholders’ fund atau modal pemilik. Equity yaitu sejumlah dana yang ditempatkan ke perusahaan oleh pemilik atau pemegang saham. 

Retained earnings

Istilah Retained earnings dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan kedalam Laba Ditahan. Istilah ini digunakan untuk menggantikan istilah profit/loss atau laba/rugi yang dihasilkan oleh perusahaan selama periode akuntansi.

Demikian tadi beberapa istilah akuntansi dalam bahasa Inggris yang ternyata memiliki arti yang sama. Munculnya istilah yang baru tersebut disebabkan sangat dinamisnya dunia bisnis dimana akuntansi adalah merupakan disiplin ilmu yang mampu menjelaskan dunia tersebut sehingga sering kita dengar istilah bahwa akuntansi sebagai Bahasa Bisnis (The language of business).